Writingthon Asian Games | Blog | BITREAD.id
NEWS » Writingthon

Writingthon Asian Games

Writingthon · November 29, 2018
Writingthon Asian Games

Kominfo, 2018

Bersama Kementrian Komunikasi dan Informasi, Writingthon Asian Games terselenggara pada tahun 2018. Tujuannya, menyemarakkan even olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018. Dua orang dari setiap provinsi di Indonesia didatangkan ke Jakarta untuk mengikuti karantina. Dua judul buku terlahir dari program ini, Aku Bangga Asian Games di Negeriku dan Dukung Asian Games dari Daerahku.



Rakyat Indonesia saat ini tengah berbangga. Event bergengsi se-Asia kini kembali diselenggarakan di tanah air kita. Sebelumnya, Asian Games ke-4, yang diselenggarakan pada 1962, juga diselenggarakan di Indonesia. Saat itu, Republik Indonesia telah genap berusia 17 tahun sejak hari kemerdekaannya. Presiden Soekarno dan para founding father bangsa ini menjadikan momentum tersebut untuk menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia ada, Indonesia bisa.



Tahun ini, tepatnya pada 18 Agustus–2 September 2018, bangsa ini seolah kembali mengulang sejarah. Kita kembali menjadi tuan rumah Asian Games, dengan segenap martabat dan potensi yang telah kita miliki sekarang. Kementerian Komunikasi dan Informatika turut menyaksikan euforia tersebut. Bahkan, kami memiliki tanggung jawab untuk menggelorakan semangat tersebut, agar ingar-bingar dan kemeriahan Asian Games bisa menjangkau seantero negeri. Dari Sabang sampai Merauke, harus turut merasakan gempita Asian Games ke-18. Ini bukan semata perhelatan masyarakat Jakarta dan Palembang, ini adalah hajat kita sebagai sebuah bangsa yang besar. Bahkan, gelaran Asian Games merupakan sebuah momen kolektif negara-negara se-Asia. Mata dunia saat ini tertuju pada kita, pada Indonesia. Maka, Kominfo dengan berbagai cara berupaya menunaikan tugas tersebut, untuk menggaungkan Asian Games sehingga event tersebut menjadi milik seluruh rakyat Indonesia.



Even ini merupakan sekelumit bukti kegembiraan dan dukungan masyarakat Indonesia dalam menyambut Asian Games. Energy of Asia menjadi tema Asian Games tahun ini. Energy of Asia merupakan simbol keragaman budaya dan warisan (legacy) sebagai identitas Asia. Indonesia bisa dibilang merupakan representasi dari itu semua. Pancaran energi serta makna Asian Games semakin kuat dan berkesan, manakala kita saksikan bagaimana anak-anak bangsa turut andil dalam menyuarakan dukungan bagi Asian Games yang datang dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Buku ini merangkum gegap gempita dukungan tersebut, menyimbolkan kebhinekaan sebagai elemen-elemen yang menyusun kekuatan, bahwa perbedaan itu merupakan berkah yang membuat kita dapat saling mengisi dan saling melengkapi.

Leave a review