Writingthon Citarum Harum | Blog | BITREAD.id
NEWS » Writingthon

Writingthon Citarum Harum

Writingthon · November 29, 2018
Writingthon Citarum Harum

Kemenristek, 2018
Writingthon Citarum Harum adalah kompetisi menulis yang diselanggarakan oleh Bitread bersama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Writingthon yang terselenggara pada tahun 2018 ini mengangkat tema tentang revitalisasi Sungai Citarum.


Citarum merupakan sungai yang memiliki peran penting bagi Indonesia. Dengan segenap potensi, manfaat, berikut karakteristik geografisnya, Citarum seolah menjadi nadi bagi Jawa Barat. Sementara itu, Jawa Barat sendiri merupakan wilayah yang sangat krusial, menyokong sendi-sendi yang berkontribusi nyata pada berbagai sektor kehidupan seluruh bangsa Indonesia. Dengan mempertimbangkan itu semua, Sungai Citarum tak hanya menjadi berkah sekaligus amanah bagi masyarakat Jawa Barat, ia adalah sungai yang harus menjadi perhatian seluruh warga Indonesia.



Namun, kondisi Sungai Citarum saat ini sungguh memprihatinkan, bermacam polutan mengotorinya. Pelan tapi pasti, kondisinya akan semakin buruk jika terus kita biarkan. Oleh sebab itu, setiap elemen bangsa seyogianya ikut bergerak, menaruh simpati dan kepedulian terhadap upaya normalisasi serta optimalisasi potensi dan manfaat Sungai Citarum.



Buku Dari Indonesia untuk Citarum Harum ini merupakan salah satu upaya untuk merealisasikan misi tersebut. Buku ini lahir dari sebuah proses yang unik, di mana dua puluh orang yang terpilih, dengan latar belakang yang didominasi oleh akademisi dan peneliti, bersama mencurahkan gagasan sebagai buah intelektualitas mereka dalam bentuk tulisan untuk mewujudkan program nasional “Citarum Harum”. Melalui sebuah event kepenulisan bertajuk Writing Marathon, karya mereka dihimpun untuk disebarluaskan ke tengah masyarakat.



Pada dasarnya, gagasan dan buah karya para penulis tersebut merupakan hasil riset dan perenungan mereka dalam konteks menemukan inovasi sebagai solusi atas sebuah permasalahan. Jika hasil riset dan gagasan mereka hanya mengendap begitu saja dalam pikiran mereka, tanpa terpublikasikan dalam suatu kemasan yang menarik, niscaya ia tak memiliki nilai tambah sebagai hasil sebuah riset dan inovasi. Untuk menjadi hasil riset yang bersifat inklusif, berdaya guna serta berimbas langsung bagi masyarakat, ia haruslah hadir dalam format yang tepat dan menarik. Buku ini merupakan intisari solusi dan gagasan para peneliti, dosen, dan akademisi untuk mengharumkan kembali Sungai Citarum.

Leave a review