Writingthon Innovation for All | Blog | BITREAD.id
NEWS » Writingthon

Writingthon Innovation for All

Writingthon · November 29, 2018
Writingthon Innovation for All

Puspitek, 2018

Writingthon Innovation for All adalah gelaran writingthon kedua bersama Puspiptek yang terselenggara pada tahun 2018. Selama masa karantina, peserta ditantang untuk berkolaborasi dengan para peneliti guna menuliskan berbagai inovasi pada 8 fokus penelitian menuju Indonesia jaya.

Perubahan yang terjadi di dunia tak lagi terjadi dalam hitungan bulan atau tahun. Saat ini, dunia terus berubah dengan irama yang sangat cepat. Bahkan bisa dibilang, dunia berubah dalam hitungan detik. Teknologi yang saat ini dipandang paling canggih, dapat berubah seketika dalam hitungan hari atau bahkan jam. Sebab pada saat yang bersamaan, orang orang melakukan penelitian dan terus melakukan inovasi.



Writingthon Innovation for All memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya arti teknologi, inovasi, dan budaya riset. Tanpa kepedulian terhadap itu semua, masyarakat akan tertinggal dan terempas dari persaingan global. Jangankan persaingan global, dalam persaingan di lingkup yang sempit saja, seseorang yang tak memiliki nilai plus dapat tergerus. Oleh sebab itu, sikap cepat tanggap dan kemampuan adaptasi, serta determinasi, mutlak harus dimiliki.



Sebagai sebuah buku yang lahir dari event kepenulisan bertajuk Writingthon Puspiptek #2, kehadiran buku ini mengulang kesuksesan Writingthon Puspiptek pertama yang digelar setahun sebelumnya. Dalam Writingthon edisi ini, 8 blogger berkumpul di Puspiptek dan menuliskan capaian-capaian para peneliti di lingkungan Puspiptek. Mereka terpilih melalui sebuah kompetisi menulis yang dilaksakan sebagai tahapan seleksi yang harus mereka lewati. Para blogger tersebut kemudian dipasangkan dengan para peneliti dan membahas hasil riset mereka, untuk dituliskan menjadi sebuah artikel populer.



Even ini merupakan kolaborasi dari seluruh pihak yang ikut andil dalam Writingthon Puspiptek #2. Di antaranya, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia; Puspiptek; lembaga-lembaga di Kawasan Puspiptek: BATAN, BPPT, dan LIPI, yang telah memberikan kesempatan bagi para penelitinya untuk secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan Writingthon dan proses penyusunan buku ini, serta pihak-pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Leave a review