Kenali Pola Penyakit Masa Kini | Blog | BITREAD.id
NEWS » Artikel

Kenali Pola Penyakit Masa Kini

Artikel · September 17, 2019
Kenali Pola Penyakit Masa Kini

Seiring perkembangan zaman, kemajuan pesat yang terjadi di berbagai sektor kehidupan ternyata telah turut menciptakan beragam pola penyakit. Kemajuan di bidang transportasi, misalnya, menyebabkan orang jadi malas berjalan kaki (salah satu aktivitas sederhana yang sangat menyehatkan). Begitu pula dengan gaya hidup lainnya, seperti gemar mengonsumsi fastfood dan jarang mengonsumsi sayur dan buah, dapat meningkatkankan risiko terjangkit penyakit degeneratif.

Jika dahulu tren penyakit didominasi oleh penyakit menular, infeksi akibat kuman, atau virus, seperti cacar, TBC, dan diare, maka saat ini tren penyakit justru bergeser pada penyakit tidak menular (PTM), termasuk penyakit degeneratif. Bahkan, kita sedang dihadapkan pada permasalahan pola penyakit triple burden, sebuah kondisi saat penyakit infeksi masih mengancam; penyakit tidak menular (PTM) meningkat; serta munculnya kembali penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Secara khusus, penyakit degeneratif didefinisikan sebagai penyebab terjadinya kerusakan dan penghancuran pada jaringan atau tubuh yang terjadi seiring proses penuaan, seiring usia, maupun akibat gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit ini timbul karena penurunan fungsi organ tubuh dan rentan dialami oleh para lansia.

Sekarang, penyakit degeneratif makin banyak dijumpai dan tidak hanya dialami oleh mereka yang telah usia lanjut.  Akibat penurunan derajat kesehatan, banyak anak muda juga berisiko mengidap penyakit yang akan menyita banyak biaya, bahkan bisa berakhir dengan kematian. Mereka bisa menderita akibat perubahan pola hidup, termasuk pola makan dan aktivitas fisik, hingga mengidap hipertensi, dislipidemia, obesitas, diabetes mellitus, jantung koroner, asam urat, ginjal, dan banyak lagi.

Angka penderita penyakit degeneratif pun semakin meningkat, terutama di negara-negara maju dan berkembang, sebagai sebagai imbas dari meningkatnya angka harapan hidup, gaya hidup tidak sehat, dan tingkat kesembuhan dari penyakit infeksi yang semakin tinggi.
Di samping itu, kumpulan efek gaya hidup (termasuk stres, perkembangan industri makanan dan minuman, polusi udara, dan faktor lingkungan yang terakumulasi bertahun-tahun) juga telah berkembang menjadi biang timbulnya penyakit. Faktor-faktor ini sering dituding sebagai penyebab tingginya kasus penyakit degeneratif, terutama di Indonesia.

Sumber Buku: Panduan Menyediakan Makanan Sehat, karya Ida Nurfitriana diterbitkan Bitread, 2018

Leave a review