Jaga Masa Pensiun dengan Passive Income | Blog | BITREAD.id
NEWS » Artikel

Jaga Masa Pensiun dengan Passive Income

Artikel · November 25, 2019
Jaga Masa Pensiun dengan Passive Income

Menurut definisinya, passive income adalah penghasilan yang diterima secara teratur dengan sedikit usaha yang diperlukan untuk mempertahankannya. Tagline atau mottonya, MAKING MONEY WHILE YOU SLEEP.

Banyak contoh di berbagai media yang membahas tentang passive income ini, yang pengertian sederhananya setara dengan penghasilan sampingan di luar penghasilan utama kita.

Berikut berbagai jenis passive income yang bisa kita jadikan sumber penghasilan lain.  
 
Produk Keuangan
Produk keuangan banyak macamnya, bisa berupa deposito, saham, reksadana dan produk investasi lainnya. Berapa jumlah yang disiapkan tentunya tergantung masing-masing keluarga, berapa kebutuhan rutin tiap bulannya. Simulasi tentang berapa jumlah yang harus disiapkan pun bisa diakses di beberapa website reksadana. Bila perhitungan investasinya cermat, maka ketika masa pensiun tiba, dana yang dibutuhkan dapat mulai dimanfaatkan.

Properti
Properti merupakan passive income paling umum yang banyak dilakukan oleh para pensiunan. Properti bisa berupa rumah tinggal biasa dengan pekarangan, atau apartemen yang sekarang marak. Selain itu properti juga berupa ruko (rumah-toko), rukan (rumah-kantor), kos-kosan, dan lain sebagainya. Properti ini bisa disewakan ke pihak-pihak yang membutuhkan dengan cara bulanan atau per tahun.

Bergabung dengan Aplikasi Rental
Sejak adanya sistem crowdsourcing, yaitu menggabungkan berbagai potensi di masyarakat melalui aplikasi, banyak sekali kesempatan yang bisa kita manfaatkan. Misalnya yang memiliki mobil atau motor bisa bergabung dengan aplikasi kendaraan online. Mobil atau motor bisa dijalankan sendiri atau bagi hasil dengan orang lain yang menjalankan. Begitu pula bila memiliki kamar kosong di rumah, bisa ditata ulang sehingga memiliki akses terpisah dari rumah utama. Dengan bergabung dengan berbagai aplikasi penyewaan kamar atau rumah, misalnya AirBnB, kita bisa memperoleh penghasilan dari kamar-kamar yang disewakan.
  
Franchise
Beberapa perusahaan retail menawarkan franchise ke masyarakat. Artinya dalam beberapa waktu tertentu sesuai kontrak, kita bergabung ke perusahaan tersebut melalui sistem franchise. Dana yang diperoleh dari masyarakat tersebut dikelola melalui toko minimarket, fastfood, apotek, retail, dan usaha-usaha lain. Tentu saja usaha di mana pun, kadang ada laba, kadang ada rugi yang berimbas ke bagi hasil yang kita terima. Berikut beberapa kelebihan cara mengatasi stres dengan menulis:

Sumber: Financial Tips for Mom, karya Hani Widiatmoko diterbitkan Bitread, 2018

Leave a review