Melepas Penat Bekerja dengan Solo Traveling | Blog | BITREAD.id
NEWS » Artikel

Melepas Penat Bekerja dengan Solo Traveling

Artikel · November 25, 2019
Melepas Penat Bekerja dengan Solo Traveling

Siapa yang tidak suka traveling? Melakukan perjalanan adalah salah satu cara untuk mengobati jiwa dari stres yang melanda, mencari suasana baru, mengenal lebih dekat kebudayaan tempat yang dikunjungi, dan tujuan lainnya. Seringnya memang untuk berli­bur dari aktivitas sehari-hari yang padatnya tidak habis-habis, betul?
 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar solo traveling tetap menyenanagkan tanpa ada rasa khawatir ini-itu, dengan melakukan persiapan berikut ini :
 
Riset Tempat Tujuan
Pastikan terlebih dahulu tempat yang akan dikunjungi itu seperti apa, sih? Persiapan apa saja yang harus dilakukan? Apakah ada pantangan, terutama saat mengunjungi tempat bersejarah? Karena bagaimanapun kita sedang bertamu ha­rus mengikuti budaya tempat kunjungan. Riset bisa dilakukan dengan berselancar di dunia maya dan menanyakan pada orang terdekat yang pernah berkun­jung.

Budgeting
Ini wajib untuk dipersiapkan dan diperhitungkan dengan matang. Mulai dari biaya transportasi, penginapan, makan, beli oleh-oleh, tiket ke tempat wisata, guide, dan harus menyiapkan budget kritis. Budget kritis di sini adalah uang di luar kebutuhan untuk keperluan mendadak.
 
Waktu Perjalanan
Jika ingin mengunjungi suatu tempat perhatikan waktun­ya. Di Indonesia sendiri ada 3 bagian WIB, WITA, WIT. Yang traveling ke luar negeri lebih wajib karena perbedaan wak­tu yang sangat mencolok. Perhatikan juga berapa lama kamu akan menghabiskan waktu untuk melakukan perjalanan sendiri, karena ini akan mempengaruhi budgeting yang kamu lakukan sebelumnya.
 
Menyiapkan Uang Tunai
Sekarang menggunakan uang elektronik memang lebih mu­dah dan praktis. Tinggal gesek atau klik, transaksi selesai. Tapi, saat berlibur wajib punya uang tunai. Agar tidak repot saja saat mencari ATM.
 
Keberanian
Untuk melakukan perjalanan sendiri, keberanian itu penting. Seperti niat di atas, keberanian harus kuat. Agar saat perjalanan tidak par­no banget. Takut ini-itu. Kuatkanlah hati untuk meringankan setiap langkah.
 
Sumber: Happy Moms Writer, karya Estri Look Community diterbitkan Bitread, 2019

Leave a review