5 Hal Penting sebelum Memilih Asuransi | Blog | BITREAD.id
NEWS » Artikel

5 Hal Penting sebelum Memilih Asuransi

Artikel · February 18, 2020
5 Hal Penting sebelum Memilih Asuransi

Di awal tahun ini, masyarakat Indonesia digegerkan kembali oleh kasus korupsi terbesar dekade ini. Kasus korupsi terbesar ini ditemukan di salah satu BUMN yang bergerak di bidang asuransi kesahatan. Tentu, hal ini membuat kita berpikir lagi untuk membeli polis sebuah asuransi. Selain memilih perusahaan yang bonafide, kamu jaga perlu memerhatikan hal ini sebelum memilih perusahaan jasa asuransi:
 

Asuransi Sejatinya adalah Proteksi
Ada ungkapan “asuransi itu membeli uang kecil untuk dapat uang besar”, Anda sudah tahu artinya? Jika Anda tidak memaksa diri membayar dengan uang nominal kecil, maka Anda akan dipaksa membayar dengan uang nominal besar. Simpel.
Yang dimaksud dengan nominal kecil di sini adalah uang setoran premi yang secara nilai memang lebih kecil dibandingkan dengan uang yang harus dikeluarkan jika terjadi risiko.
Ada unsur proteksi di dalam produk asuransi. Asuransi akan mengkover kondisi keuangan Anda dan keluarga saat risiko datang dengan tiba tiba seperti kejadian kecelakaan, sakit kritis, hingga tutup usia.
 
Beli Asuransi Sesuai Kebutuhan
Tentukan dahulu tujuan utama Anda berasuransi lalu pilih produk yang cocok. Jenis asuransi yang beredar di pasaran di antaranya asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi kerugian dan masih banyak lagi. Anda harus berani berdiskusi dengan agen asuransi secara terbuka agar mendapatkan produk yang tepat. Salah dalam mengambil keputusan maka akan berdampak buruk terhadap rencana keuangan yang sudah Anda susun sebelumnya.
 
Asuransi Unit Link
Ini adalah jenis asuransi yang memadukan antara asuransi kesehatan (jiwa) dengan investasi. Pastikan Anda adalah orang yang siap menerima fluktuasi perkembangan dana investasi, karena di asuransi unit link nilai tunai polis tidak dijamin.
 
Ingat! Asuransi adalah Investasi Jangka Panjang
Anda jangan berharap mendapat uang yang berkembang pesat di awal awal masa asuransi. Rata-rata agen akan mengasumsikan perolehan hasil investasi akan berkembang baik di atas tahun kesepuluh.
 
Baca Polis Bersama Agen Anda
Ada masa 14 hari kerja (tergantung kebijakan masing masing perusahaan asuransi) sejak diterbitkan polis untuk Anda review ulang isinya. Luangkan waktumu untuk bisa mempelajari isi polis bersama agen sehingga tidak terjadi penyesalan di belakang hari nanti.
 
Sumber: Financial Tips for Mom, karya Rara Radyanti. diterbitkan Bitread, 2018

Leave a review